BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam
era canggih sekarang ini, kita hidup bersama dengan anak-anak yang hidup dalam
dunia digital native. Anak-anak digital native adalah anak-anak yang hidup
dalam dunia digital. Anak-anak digital native sudah terbiasa menggunakan
peralatan canggih. Merka dengan mudah menggunakan ponsel, PC, laptop, notebook
dan peralatan canggih lainnya tanpa harus diajari.
Sebagai
pendidik kita harus kreatif dengan anak-anak digital native ini, sehingga kita
perlu menguasai media pembelajaran yang berbasis teknologi. Contohnya saja
dengan memanfaatkan komputer atau laptop. Kita dapat menggunakan aplikasi di
dalamnya yang dapat dipakai sebagai media pembelajaran seperti microsoft office
powerpoint atau dapat juga menggunakan media online seperti prezi.
Begitu
penting media pembelajaran teknologi ini sebagai seorang pendidik yang
menghadapi anak digital native. Oleh karena itu, penulis menyusun makalah ini
dengan judul media pembelajaran menggunakan powerpoint dan prezi.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa
pengertian microsoft office powerpoint ?
2.
Apa
pengertian prezi ?
3.
Apa
perbedaan microsoft office powerpoint dan prezi ?
4.
Apa
manfaat powerpoint dan prezi dalam proses pembelajaran ?
1.3 Tujuan
1.
Menjelaskan
tentang microsoft office powerpoint.
2.
Menjelaskan
tentang prezi.
3.
Menjelaskan
perbedaan microsoft office powerpoint dan prezi.
4.
Mengetahui
manfaat powerpoint dan prezi dalam proses pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Microsoft
Office Powerpoint
2.1.1
Pengertian
Powerpoint
Aplikasi powerpoint memang sudah tidak asing lagi di
telinga kita. Biasanya aplikasi powerpoint ini digunakan untuk menawarkan
suatu produk, tugas presentasi bahkan
sebagai media pembelajaran.
Dalam situs www.wikipedia.com tertulis bahwa Microsoft PowerPoint atau Microsoft
Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program
komputer untuk presentasi
yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka.Menurut
susilana, powerpoint adalah sebuah program aplikasi presentasi di dalam
komputer.
Dari sinilah penulis dapat menyimpulkan bahwa
microsoft office powerpoint adalah suatu aplikasi komputer yang dikembangkan
oleh microsoft yang digunakan untuk presentasi yang efektif, indah dan
profesional. Sehingga pendengar dapat terfokus kepada pembicara.

Tampilan awal
powerpoint
2.1.2
Sejarah
Powerpoint
Aplikasi
Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis
Austin sebagai Presenter untuk
perusahaan bernama Forethought, Inc
yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint
versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh.
PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat
halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP).
Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna,
setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun
mengakui sisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan
harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun
1990, versi
Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti
jejak Microsoft
Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian
standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office
System (kecuali Basic Edition).
2.1.3
Versi Powerpoint
Versi terbaru adalah Microsoft
Office PowerPoint 2013, yang dirilis pada bulan Januari 2013, yang merupakan
sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan
grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data
sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi
*.ppt
, versi ini menawarkan
format data XML
dengan ekstensi *.pptx
Tahun
|
Versi PowerPoint
|
Paket Microsoft Office
|
|
PowerPoint 1.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
|
PowerPoint 2.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
|
PowerPoint 2.0
|
Windows 3.0
|
T/A
|
|
PowerPoint 3.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
|
PowerPoint 3.0
|
T/A
|
||
PowerPoint 4.0
|
Microsoft Office 4.x
|
||
PowerPoint 4.0
|
Mac OS classic
|
T/A
|
|
PowerPoint 7 for Windows 95
|
Microsoft Office 95
|
||
PowerPoint 97
|
Microsoft Office 97
|
||
PowerPoint 98
|
Mac OS Classic
|
Microsoft Office 1998 for Mac
|
|
PowerPoint 2000
|
Microsoft Windows 98, Windows NT 4.0, Windows 2000
|
||
PowerPoint 2001
|
Mac OS X
|
Microsoft Office 2001 for Mac
|
|
PowerPoint 2002
|
Windows 2000/XP
|
||
PowerPoint v.X
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac v.X
|
|
PowerPoint 2003
|
|||
PowerPoint 2004
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac 2004
|
|
PowerPoint 2007
|
|||
PowerPoint 2008
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac 2008
|
|
PowerPoint 2010
|
Windows 7 (Disarankan), Windows Vista (Service
Pack 2), Windows XP (Service Pack 3) Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2
|
Microsoft Office 2010
|
|
PowerPoint 2011
|
Mac OS X
|
Microsoft Office:mac 2011
|
|
PowerPoint 2013
|
Windows 8 (Disarankan), Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012, Mac OS X
(Office 365)
|
Microsoft Office 2013 & Office 365
|
2.1.4
Cara
Menggunakan Aplikasi Powerpoint
A.
Membuka Microsoft Office
Powerpoint 2007
Untuk membuka powerpoint, kita
dapat lakukan dengan beberapa cara seperti berikut :
ï
Klik tombol Start
ï
Lalu Klik All Program
ï
Cari Microsoft Office lalu klik
ï
Klik Microsoft Office Powerpoint
2007,
maka akan muncul tampilan
Microsoft Office Powerpoint seperti gambar diatas. Atau bisa juga dengan cara :
ï
klik tombol start
ï
Lalu klik Run
ï
Ketik “powerpoint”
ï
Enter/klik tombol OK
B.
Membuat File Presentasi
a.
membuat file presentasi
Untuk membuat file presentasi baru
pada Ms. Powerpoint kita dapat melakukan langkah sebagai berikut :
-
Klik Office Button > klik New
-
Pada kotak dialog Pilih dan klik
Blank & Recent > Blank Presentation > pilih/klik tombol Create.
b.
menambahkan slide
Untuk
menambahkan slide dan memilih layout pada Ms. Powerpoint dapat dilakukan dengan
cara sebagai berikut :
-
Dalam menu tab Home pilih dan klik
New Slide untuk menambahkan slide baru, apabila kita memilih tombol New Slide
bagian atas, maka kita akan disajikan slide dan layout default yaitu slide
Title and Content.
-
Sedangkan untuk memilih jenis
slide dan layout yang berbeda, maka pilih dan klik tombol New Slide bagian
bawah maka akan muncul beberapa tampilan slide dan layout
-
Untuk mengubah layout yang sudah
ada kita dapat memilih tombol Layout pada samping tombol New Slide.
c.
Menentukan Tema atau Background
Untuk
membuat file presentasi agar tampil lebih menarik kita dapat menentukan
Background sesuai dengan yang kita inginkan dengan cara sebagai berikut :
-
Pilih dan klik tab Design lalu
pilih tema atau background yang di inginkan pada kolom Themes.
-
Selain tema yang tersedia kita
dapat menyisipkan file foto sebagai tema atau background dengan cara klik Background Styles lalu klik Format Background tandai Picture or texture fill. Pada Insert
from klik File lalu pilih gambar atau foto yang kita inginkan setelah dipilih
klik insert maka tampilan background pada slide kita akan berubah.

Membuat
background pada slide
d.
Menambahkan dan Memformat Teks
Untuk menambahkan dan memformat
teks, kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut :
-
Setelah slide terbuka, klik kotak
yang tersedia dengan tulisan “ Click to add title” untuk menulis judul
presentasi dan ganti dengan tulisan yang akan kita buat.
-
Untuk memformat teks kita dapat
lakukan dengan cara blok teks terlebih dahulu, lalu format teksnya bisa kita
ganti hurufnya, ukuran hurufnya, ketebalan dan yang lain-lainnya.
-
Selanjutnya pada kotak subtitlenya
pun caranya sama dengan dia atas.
Biasanya
dalam menulis file presentasi kita juga harus memformat paragraf, bullets,
numbering, dan spasi. Untuk memformatnya sama seperti kita memformat file di
Ms. Word.
e.
Menyisipkan Clip Art dan Picture
Untuk menyisipkan Picture dan Clip
Art kita dapat menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :
-
Klik menu Insert > pilih
Picture atau Clip Art
-
Lalu pilih gambar yang kita
inginkan, setelah itu atur dan format gambarnya sesuai keinginan kita agar
presentasi yang ditampilkan akan semakin menarik.
f.
Menambahkan Transisi Slide
Dengan menambhakan transisi slide,
kita dapat menyajikan presentasi lebih menarik. Langkah-langkahnya adalah
sebagai berikut :
-
Pilih slide yang akan kita ubah
-
Lalu klik menu Animations dan
pilih Transition scheme
-
Dalam transition scheme terdapat
beberapa transisi yang telah disediakan Microsoft Powerpoint dan terbagi dalam
tiga kategori yaitu No transition, Fades and Dissolves, Wipes, Push and Cover,
Stripes and Bar, dan Random.
-
Setelah memilih transisi yang
diinginkan kita dapat memilih kecepatan transisi sesuai dengan keinginan kita,
selain itu kita juga dapat menambahkan efek suara-suara yang sudah di sediakan
pada Ms. Powerpoint.
-
Untuk membuat semua slide memiliki
efek yang sama kita dapat memilih dan klik Apply to all.
-
Sedangkan pada opsi Advance slide,
terdapat On Mouse Click gunanya ialah slide akan berpindah ke slide selanjutnya
apabila mause kita klik. Sedangkan Automatically After digunakan untuk berpindah
sesuai dengan waktu yang kita inginkan.
-
Untuk melihat efek yang kita buat
kita dapat melihatnya dengan cara kita klik Slide Show
g.
Menambahkan Animasi
Kita dapat menambahkan animasi
pada teks, gambar dan yang lainnya pada file presentasinya. Untuk menambahkan
animasi ialah sebagai berikut :
-
Pilih objek yang akan diberi
animasi
-
Pilih menu Animations, dan pilih
Custom Animations
-
Kemudian klik Add Effect
-
Pilih Entrance, untuk melihat
semua tampilan efek yang disediakan pilih More Effect, lalu pilih efek yang di
inginkan pada kotak Add Entrance Effect lalu klik OK.
-
Untuk menampilkan efek yang telah
kita pilih dapat kiita lihat dengan cara klik Slide Show.
h.
Menambahkan File Sound (Musik) dan
Video pada Slide
Untuk menambahkan file Musik dan
Video dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
-
Pilih menu Insert
-
Pilih dan klik Media Clips, klik
Sound jika kita akan menambahkan file musik, dan Movie jika akan menambahkan
file Video.
-
Cari file yang akan kita sisipkan
lalu klik OK
-
Selanjutnya powerpoint akan
menampilkan pilihan untuk menjalankan file secara otomatis maka pilih
Automatically dan When Click bila kita ingin menjalankan file ketika mouse kita
klik.
-
Kemudian masuk pada menu Option
yang berada dibawah Sound Tolls. Pada menu ini kita dapat mengatur volume file
pada Slide Show Volume, menyembunyikan file dengan Hide During Show, jika kita
ingin menampilkan file berulang-ulang kita dapat memilih Loop Until Stopped,
untuk memutar file kita dapat memilih Preview
i.
Menyimpan Dokumen Powerpoint
Untuk menyimpan powerpoint yang
telah kita buat, dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
-
Klik Office Button > save >
pilih folder yang akan kita simpan file powerpointnya > tulis nama file
presentasi yang kita buat > klik Save
-
Selain cara diatas kita dapat menggunakan
cara dengan menggunakan tombol keyboard yaitu Ctrl+S
2.2
Prezi
2.2.1
Pengertian
prezi
Setelah
kita membahas tentang powerpoint di atas yang tidak asing lagi kita, kini
penulis juga akan menjelaskan suatu media yang digunakan untuk presentasi juga
yaitu prezi.
Menurut
wikipedia dituliskan bahwa Prezi adalah sebuah perangkat lunak
untuk presentasi berbasis internet . Selain untuk
presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan
berbagi ide di atas kanvas virtual. Menurut penulis prezi adalah sebuah
perangkat lunak yang sama halnya dengan powerpoint yaitu untuk presentasi yang
memiliki slide dengan tampilan Zooming User Interface (ZUI).
2.2.2
Sejarah
Prezi
Adam
Somlai-Fischer adalah seorang arsitek dan seniman yang telah berkutat dengan
presentasi yang dapat diperbesar dan diperkecil sejak tahun 2001. Adam
menemukan bahwa Zooming User
Interface (ZUI)
memungkinkan ia untuk mengeksplorasi gambaran besar dari sebuah denah lantai
atau instalasi dan kemudian memperbesar detil-detil dari denah lantai tersebut.
Karena pada saat itu belum tersedia editor presentasi ZUI yang tersedia secara
komersial, setiap presentasi ZUI yang ia kembangkan harus ia buat secara manual.
Pada
tahun 2007, Peter
Halascy, seorang
profesor dari Universitas Teknologi Budapest berhasil meyakinkan Adam untuk
mengembangkan editor ZUI agar dapat digunakan oleh umum. Setelah membuat
prototipe dari ZUI editor tersebut, mereka merekrut wirausahawan ketiga, yaitu Peter
Arvai, untuk
bergabung sebagai CEO untuk membantu dalam meluncurkan produk dan
perusahaannya. Prezi kemudian diluncurkan pada bulan April tahun 2009 di Budapest. Peluncuran tersebut mengundang investasi dari TED Conferences and Sunstone
Capital. Kantor San Fransisco kemudian
didirikan pada November 2009. Prezi merekrut Kepala Pemasaran Drew Banks,
dan CFO Joel Onodera pada tahun 2011.
2.2.3
Lisensi

Sebelum membuat akun Prezi, pengguna harus menentukan lisensi apa yang
akan ia gunakan. Berikut adalah beberapa lisensi yang disediakan Prezi untuk
penggunanya.
Publik
Lisensi ini adalah lisensi bebas biaya. Apabila pengguna memilih untuk
menggunakan lisensi ini, pengguna tetap bisa menikmati fitur-fitur utama yang
disediakan oleh Prezi dan juga memiliki ruang penyimpanan. Tetapi, setiap prezi
yang dibuat oleh pengguna harus dipublikasikan di situs web Prezi agar bisa
diakses oleh publik.
Enjoy
Untuk
menggunakan lisensi ini, pengguna harus membayar $59 per tahunnya. Akan tetapi,
seorang pengguna dapat menggunakan lisensi ini selama 30 hari pertama tanpa
harus membayar. Dengan membeli lisensi Enjoy, pengguna dapat:menggunakan
fitur-fitur utama
·memiliki
ruang penyimpanan prezi
·membuat
prezi yang ia buat bersifat privat untuk melindungi konten di dalamnya
·menggunakan
logonya sendiri, bukan logo Prezi
·memperoleh
dukungan premium dalam kurung waktu kurang dari 24 jam
Pro
Untuk menggunakan lisensi ini, pengguna harus membayar $59 per
tahunnya. Akan tetapi, seorang pengguna dapat menggunakan lisensi ini selama 30
hari pertama tanpa harus membayar. Dengan membeli lisensi Pro, pengguna dapat:
·menggunakan
fitur-fitur utama
·memiliki
ruang penyimpanan prezi
·membuat
prezi yang ia buat bersifat privat untuk melindungi konten di dalamnya
·menggunakan
logonya sendiri, bukan logo Prezi
·memperoleh
dukungan premium dalam kurung waktu kurang dari 24 jam
·menggunakan
produk “Prezi Desktop” untuk mengedit Prezi secara offline
2.2.4
Cara
Membuat Prezi
1.
tulis
prezi.org pada address bar.
2.
Klik
Sign in jika telah memiliki akun. Jika
belum memiliki akun klik sign up lalu tulis kolom sesuai perintah seperti
gambar di bawah ini.

Gambar sign up prezi
3.
Kemudian
klik sign up, setelah itu anda memilih lisensi seperti yang telah dijelaskan
diatas.
4.
Setelah
anda berhasil sign up, akan muncul seperti gambar dibawah ini. artinya anda
sudah bisa memulai menggunakan prezi.

5.
Klik
new prezi. Terdapat banyak pilihan design sesuai keinginan anda seperti gambar
dibawah ini.

6.
Setelah
itu silahkan anda edit sesuai keinginan anda.

2.3
Perbedaan
Powerpoint Dan Prezi
Perbedaan
powerpoint dan prezi dapat penulis simpulkan dalam bentuk tabel berikut ini:
No.
|
Powerpoint
|
Prezi
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
Powerpoint dibuat dalam keadaan
offline
Digunakan bukan dalam bentuk slide
Powerpoint tidak memiliki lisensi
Tema sederhana
Lebih banyak animasi slidenya
dibandingkan prezi
Tidak ada batasan penggunaan
Proses instalasi tidak dengan online
saja, tapi juga bisa dengan offline
Karena dalam keadaan offline sehingga
proses editing cepat
Tersimpan di komputer/laptop
|
Prezi dibuat dalam keadaan online
Digunakan dalam bentuk slide juga
namun di atas kanvas virtual
Prezi memiliki macam-macam lisensi
Tema labih berfariasi
Hanya menggunakan zoomable canvas,
sehingga tampak monoton
Untuk versi publik dibatasi
pengguanaan selama 30 hari
Proses instalasi harus online
Proses editing lama karena harus dalam
keadaan online
Tersimpan di web
|
2.4
Manfaat
penggunaan powerpoint dan prezi dalam proses pembelajaran
Adapun
beberapa manfaat yang diperoleh saat menggunakan powerpoint dan prezi dalam
proses pembelajaran :
a.
Membuat
proses pembelajaran lebih menyenangkan dan informatif.Meningkatkan kualitas
belajar.
b.
Mengurangi
ketegangan dalam proses pembelajaran.
c.
Pembelajaran
menggunakan powerpoint dan prezi lebih baik dari pada hanya menerangkan tanpa
menggunakan media apapun.
d.
Dengan
adanya pembelajaran menggunakan powerpoint dan prezi, siswa akan lebih tertarik
terhadap pembelajaran, sehingga proses
pembelajaran lebih berkualitas.
e.
Materi
juga akan lebih tersusun secara sistematis, sehingga guru tidak berbelit saat
menjelaskan materi.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kita wajib mampu menyesuaikan diri dengan
perkembangan zaman. Teruma bagi guru yang wajib mengikuti zaman anak-anak
digital native. Sehingga guru wajib menguasai alat elektronik dan
memanfaatkannya sebagai media pembelajaran. Contohnya saja powerpoint dan prezi
yang sangat berguna bagi kita sebagai media pembelajaran. Anak akan mudah
memahami materi kita dan kita juga lebih teratur dalam memberikan suatu materi.
3.2 Saran
Setelah selesainya makalah ini, kami memiliki
beberapa saran untuk :
a.
Guru
sekolah dasar : perlu pengenalan tentang ilmu komputer dan software yang ada di
dalamnya kepada siswa. Sehingga siswa tidak ketinggalan zaman. Dan siswa juga
mulai belajar praktik menggunakan komputer seperti mengetik, menggunakan mouse
dan print.
b.
Guru
menengah : seharusnya siswa digital native sudah diberikan tugas-tugas yang
berkaitan dengan komputer. Yang merupakan perkembangan dari ilmu komputer pada
sekolah dasar. Serta siswa sudah diberi kebebasan dalam mengaplikasikan
kreatifitasnya dalam bidang teknologi.
c.
Mahasiswa
: seharusnya mahasiswa sudah tidak menggunakan lagi powerpoint, namun
menggunakan prezi. Karena pada prezi tingkat kreatifitas yang digunakannya
sangat tinggi, yang memang tuntutan sebagai seorang calon sarjana.
d.
Dosen : sama halnya dengan guru, dosen
dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Sehingga dosen juga perlu
menggunakan media pembelajaran ICT.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar